div.TabView div.Tabs { height:24px; overflow:hidden;}

..

.
Home » » LAPTOP MENJADI Wireless Hotspot

LAPTOP MENJADI Wireless Hotspot

Sebuah perusahaan pembuat software diluar negeri, mengembangkan sebuah software gratis yang mampu membuka kemampuan tersembunyi pada sistem operasi terbaru dari Microsoft , yaitu Microsoft Windows 7. Software yang secara gratis dapat didownload ini bernama Connectify, yaitu sebuah software mini berukuran sekitar 1,1 MB, yang mampu membuat sebuah laptop/notebook maupun netbook menjadi sebuah Access Point dan mampu membagi koneksi internet kepada pengguna lain, atau lebih mudah kita sebut sebagai  pemancar Wi-Fi Hotspot.
Dari uraian diatas dapat disimpulkan kebutuhan untuk menjalankan aplikasi ini adalah :
-Sebuah Notebook/Laptop atau Netbook dengan sistem operasi Microsoft Windows 7.
-Sebuah Notebook/Laptop atau Netbook yang memiliki Wireless Lan.
-Software Connectify yang dapat didownload di http://connectify.me.
-Koneksi internet pada Notebook, atau Netbook yang akan dijadikan Wi-Fi Hotspot.
Bila sudah memiliki spesifikasi hardware dan software diatas, anda tidak perlu lagi membeli hardware Access Point yang harganya sekitar 300 ribu rupiah. Cukup dengan aplikasi gratis ini anda bisa berbagi koneksi internet dengan teman-teman anda yang kebetulan tidak mempunyai koneksi internet. Untuk membuat Wi-Fi Hotspot tersebut diatas, proses instalasinya sangat mudah, kurang lebihnya sebagai berikut :
  1. Anda perlu mendownload software Connectify di http://connectify.me , pilih tombol “Download Connectify Today!” dibagian samping  kanan atas layar browser anda. Bila anda menggunakan koneksi broadband (IM2, Telkomflash, Speedy, dan lain sebagainya) proses download file 1,1 MB ConnectifyInstaller.exe tidak lebih dari 5 menit saja.
  2. Setelah anda selesai melakukan download, Install software installer “ConnectifyInstaller.Exe” pada sistem operasi Windows 7 di Laptop anda, proses ini tidak lebih dari 2 menit.
  3. Selanjutnya, setelah proses instalasi selesai, anda dapat menjalankan aplikasi software Connectify melalui system tray windows, ataupun  lewat  menu programs di menu aplikasi-aplikasi windows anda.
  4. Anda dapat melakukan setup pertama kali dengan mudah, jika anda memilih menu “Easy Wizard Setup” pada aplikasi ini.
Pada setup wizard ini, anda perlu memasukkan beberapa data, diantaranya :
-Network Name (SSID) : diisi dengan nama yang Anda kehendaki, misalnya : Quadra – Radar Net.
-Password : diisi dengan pilihan huruf atau angka yang Anda inginkan. Biasakan memilih password yang cukup susah ditebak, minimal 8 karakter, agar koneksi anda tidak mudah dibajak orang lain, misal : p1o2l3k4
-Share Connection : isikan koneksi yang anda gunakan untuk terhubung dengan internet, anda bisa menggunakan pilihan : LAN Connection, Wireless Connection, atau Koneksi  Internet jenis yang lain. Dalam pengujian kami memilih IM2 yang telah kami simpan dalam profile, yaitu menggunakan koneksi modem broadband HSDPA Indosat IM2.Selesai, anda sudah memiliki sebuah Wi-Fi Hotspot untuk sharing koneksi Internet.
Setelah semua setting diatas selesai, anda tinggal mempersiapkan PC, Laptop/Notebook , Netbook, PDA, ataupun Handphone lain yang mempunyai perangkat Wi-Fi. Nantinya dalam perangkat lain tersebut, jaringan Wi-Fi Hotspot yang telah anda persiapkan akan terdeteksi, dan untuk menyambungkannya, anda tinggal memasukan password yang telah anda setting sebelumnya. Anda dapat mengganti password dan mengganti nama jaringan wireless anda dengan mudah, seperti ketika anda melakukan setting seperti diatas.
Proses pemancaran sinyal Wi-Fi Hotspot notebook anda dapat dilakukan dengan melakukan klik Start/Stop Hotspot pada menu software Connectify.
Program ini hanya berjalan pada sistem operasi Windows 7 minimal seri Home, untuk seri Windows 7 Starter tidak dapat digunakan. Selain itu program ini juga dapat dinstall pada Microsoft Windows Server 2008, terutama untuk service pack terakhir. Sedangkan untuk sisi Client , hampir semua sistem operasi baik Windows XP, Windows Vista , Windows 7 mulai dari Starter Edition, bahkan Linux sekalipun dapat dengan mudah tersambung ke Wi-Fi Hotspot melalui software Connectify ini.
http://cyborgrizki.wordpress.com/2011/01/11/ubah-laptop-me…reless-hotspot/
Download Pdf
Jika Anda menyukai Artikel di blog ini, Silahkan klik disini untuk berlangganan gratis via email, dengan begitu Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di Creating Website

0 komentar:

Post a Comment

Laike Me

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. www.kang4di.blogspot.com - All Rights Reserved
Template Modify by Creating Website
Proudly powered by Blogger